SeLamat DAteng di BLOG akuuuuuuuhhh,, sLamat membaca !! n jangan Lupa commentnya yua ;)

Kamis, 03 Maret 2011

Menjadi Individu yang kreativ



aku pernah post juga tentang ini.. tapi x nie kita bakal membahas lagi ttg yang satu ini..
Banyak yang berpendapat bahwa kreativitas hanya berhubungan dengan kepandaian seseorang. Namun demikian, pada kenyataannya kreativitas tidak hanya melibatkan kemampuan berpikir. Kreativitas dalam berbagai teori disebutkan juga melibatkan aspek lain. Salah satunya menyebutkan untuk menjadi kreatif individu harus memiliki keinginan yang kuat untuk menciptakan perbedaan, memiliki kepribadian yang berani mengambil resiko, serta dukungan lingkungan yang mendukung kreativitas tersebut. Teori lain memaparkan bahwa kreativitas muncul sebagai hasil interaksi dari aspek kognitif dan afektif seseorang. Oleh karena itu, untuk menjadi kreatif, seseorang sebaiknya tidak hanya mengembangkan hal-hal yang bersifat intelektual, tetapi juga harus mengembangkan aspek-aspek lainnya secara keseluruhan. Tertarik menjadi kreatif? Berikut beberapa rahasianya: http://www.smileycodes.info
ok Lets check it out

1. Rasa Ingin Tahu http://www.smileycodes.info

Pupuklah rasa ingin tahu terhadap berbagai macam hal. Terkadang rasa ingin tahu dapat dirasakan sebagai sesuatu yang mengganggu atau tidak perlu. Akan tetapi sebenarnya rasa ingin tahu adalah pintu menuju suatu pengetahuan yang baru. Orang-orang kreatif biasanya memiliki keingintahuan terhadap berbagai macam hal, sehingga mereka dapat mengumpulkan pengetahuan yang dapat mereka pergunakan sewaktu – waktu apabila diperlukan. Untuk menjadi kreatif, pengetahuan adalah bahan dasarnya, dan rasa ingin tahu adalah alat untuk meramunya.

2. Bermain dan Tertawa http://www.smileycodes.info

Lihatlah tingkah laku anak – anak di sekitar anda. Anak – anak adalah individu yang secara natural adalah kreatif. Mengapa? Kreativitas yang terasah pada dasarnya adalah kemampuan seorang individu untuk menciptakan berbagai asosiasi, hubungan, atau kombinasi yang tidak biasa dari pengetahuan-pengetahuan yang ia miliki. Orang dewasa, seiring dengan perkembangannya biasanya telah memiliki batasan-batasan, yang diajarkan kepadanya semenjak masa kanak-kanak. Sebuah contoh sederhana; orang dewasa sudah mengetahui bahwa warna langit adalah biru, sedangkan anak-anak belum. Oleh karena itu ketika menggambar langit, orang dewasa lebih mungkin untuk mewarnai gambarnya dengan warna biru, sedangkan anak yang belum memiliki batasan, dapat lebih bebas mewarnai gambarnya dengan warna apa pun. Belajar dari anak-anak, bermain-mainlah dengan semua pengetahuan yang anda punya. Buatlah berbagai macam kombinasi tidak biasa dari pengetahuan yang anda miliki. Misalnya anda melihat bunga, dan anda melihat telepon. Coba pikirkan apa yang bisa anda hasilkan dengan bunga dan telepon; telepon berbunga, bunga yang bisa digunakan untuk telepon, telepon yang harum, telepon yang berbentuk parfum, dsb. Gunakanlah berbagai pendekatan; anda dapat berimajinasi, menerapkan prinsip analogi, mengelaborasi suatu hal yang sudah ada, mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda, dan tehnik-tehnik lainnya. Latihan seperti ini biasanya paling baik dilakukan dalam suasana yang rileks dan menyenangkan. Dalam hal ini, bermain dan tertawa adalah hal senjata yang ampuh untuk terus mencoba-coba dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita.

3. Optimisme dan Ketekunan

Resiko dan kegagalan adalah hal yang secara alami ada dalam setiap proses kreatif. Ketika kita mencoba sesuatu yang baru, akan sangat mungkin untuk mendapatkan resiko bahwa sesuatu yang kita upayakan mengalami kegagalan. Pada masa inilah sangat diperlukan optimisme. Sikap positif bahwa kita pasti akan menemukan cara untuk dapat mencapai apa yang kita inginkan. Ketekunan juga dibutuhkan agar seseorang dapat terus mencoba hingga ia dapat menemukan jawabannya.

4. Kepercayaan diri, Kemandirian dan Motivasi Internal http://www.smileycodes.info

Kreativitas membutuhkan keberanian. Keberanian untuk mengemukakan sesuatu yang baru dan berbeda. Disinilah dibutuhkan kepercayaan diri dan kemandirian untuk mengemukakan atau menjalankan sesuatu yang baru dan mungkin belum dapat diterima oleh orang kebanyakan. Oleh karena itu pula, kebanyakan individu yang kreatif biasanya memiliki motivasi dari dalam diri mereka sendiri untuk berkreasi, terlepas dari hasil yang mereka dapatkan ketika proses kreasi tersebut telah usai.

5. Terbuka dengan perbedaan http://www.smileycodes.info

Bayangkan apabila anda sepanjang hidup anda berinteraksi dengan orang yang persis sama dengan diri anda. Apa yang akan terjadi? Kreativitas membutuhkan perbedaan, karena perbedaan adalah mesin penggerak kreativitas. Pengetahuan akan perbedaan biasanya memungkinkan seseorang untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Perbedaan dapat memperkaya pemahaman seseorang akan sesuatu. Pemahaman yang kaya akan sesuatu dapat menggerakkan kita untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan apa yang sudah ada. Konsep perbedaan dapat membantu kreativitas ini dapat digambarkan dengan cerita berikut. Ada tiga orang yang tidak dapat melihat, mereka bertiga memegang gajah. Satu orang memegang telinga gajah, satu orang memegang belalainya, dan satu lagi memegang kakinya. Ketika ditanya masing-masing bersikukuh kalau gajah adalah hewan yang hanya sesuai dengan apa yang mereka pegang. Orang pertama mengatakan bahwa gajah itu tipis badannya dan dapat melambai-lambai. Orang kedua mengungkapkan gajah adalah hewan yang berbentuk seperti ular. Orang yang ketiga berbicara bahwa ia tidak menyetujui keduanya, gajah baginya adalah hewan yang berbentuk seperti ember besar. Apabila setiap orang tersebut terbuka dengan perbedaan, mereka dapat menciptakan suatu bentuk pengetahuan yang lebih utuh dan kaya, dibandingkan dengan ketika mereka menolak perbedaan.

Kelima rahasia tersebut harus selalu dilatih dan ditantang agar dapat memunculkan kreativitas yang matang dan terasah dengan baik. Teruslah belajar dan berkarya. Berikan sebanyak-banyaknya kesempatan bagi diri anda untuk mengasah dan mengekspresikan kreativitas yang anda miliki. Ayo, menjadi kreatif! http://www.smileycodes.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar